INILAH.COM, Jakarta - Penelitian menemukan, mengkonsumsi rumpul laut, es krim dan stroberi selama kehamilan membuat si anak lebih baik dalam mengeja kelak.
Hal ini erat kaitannya dengan zat yodium yang ditemukan dalam ketiga makanan tersebut. Yodium dianggap memiliki peranan penting mengembangkan kemampuan anak dalam aksara, khususnya pada tahap mengeja.
Sebaliknya, penelitian yang dilakukan Universitas Tasmania juga mengungkapkan kekurangan yodium tidak memiliki pengaruh terhadap kemampuan berhitung si anak.
Studi ini meneliti 228 anak. Hasilnya menemukan bahwa anak umur 9 tahun yang kurang mendapatkan asupan yang cukup akan yodium selama dalam kandungan mendapatkan skor rendah saat tes tata bahasa khususnya mengeja.
"Wanita hamil harus mengikuti pedoman kesehatan dan mengambil suplemen makanan sehari-hari yang mengandung yodium," kata Dr Kristen Hynes, seperti dikutip dari dailymail. [mor]
Add to Cart