INILAH.COM,Jakarta - Kandungan pmega 3 yang terdapat pada minyak ikan belakangan ini diragukan kemanjurannya untuk kesehatan jantung. Bernarkah?
Para ilmuwan mulai meragukan manfaat dari minyak ikan dan omega-3 asam mengandung. Mereka dianggap sangat penting untuk jantung, dan banyak orang yang mengambil kapsul cod liver oil untuk pencegahan penyakit jantung.
Dilansir Genius Beauty, analisis 20 studi, melibatkan hampir 70.000 orang, menunjukkan bahwa minyak ikan cod tidak mengurangi risiko stroke dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan jantung.
Ini bukan pertama kalinya kemanjuran omega-3 diragukan. Belum lama ini, database Cochrane tinjauan sistematis mengkritik klaim bahwa asam lemak dapat menghambat perkembangan penyakit mental, dan Jurnal Molecular Psychiatry menyatakan bahwa omega-3 tidak membantu untuk menyingkirkan depresi.
Walaupun belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat dan pengaruh buruk omega 3 bagi kesehatan jantung, para ilmuwan tetap menyarankan untuk tetap rutin mengkonsumsi omega 3.
"Penelitian lebih lanjut mengenai masalah ini benar-benar sangat dibutuhkan," ujar peneliti. [mor]
Add to Cart